Yuk Berlibur Ke Desa wisata Kasongan Di Yogyakarta

Nama desa wisata Kasongan diambil dari nama Kasongan, yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang terdapat di kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Tepatnya di daerah pedukuhan Kajen, desa Bangunjiwo, kecamatan Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan berjarak sekitar 6 km dari alun-alun utara Yogyakarta ke arah selatan.

Sejarah Singkat Desa Wisata Kasongan

Desa wisata Kasongan

Pada awalnya, daerah Kasongan lebih dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan gerabah.

Dimana desa ini hanya merupakan tanah persawahan yang dimiliki oleh penduduk di wilayah selatan Yogyakarta.

Namun ketika masa penjajahan Belanda di Indonesia dulu, di desa tersebut pernah ditemukan seekor kuda mati, yang diyakini merupakan kuda milik reserse Belanda pada saat itu.

Hal tersebut lantas membuat masyarakat di sekitar desa tersebut menjadi takut dan khawatir, sehingga memutuskan untuk segera melepaskan hak tanah miliknya.

Hal yang sama juga dilakukan oleh para warga lainnya yang juga memiliki tanah di sekitar wilayah Kasongan tersebut, yakni melepaskan hak tanah miliknya/tidak mengakuinya.

Singkat cerita, banyak tanah di desa tersebut yang statusnya bebas kepemilikan.

Beberapa waktu kemudian, sejumlah penduduk desa di wilayah lainnya kemudian berlomba-lomba untuk mengakui hak kepemilikan dari tanah tersebut.

Sedangkan sebagain besar penduduk asli yang sebenarnya merupakan pemilik sah dari tanah tersebut, pada akhirnya beralih profesi sebagai pengrajin keramik.

Pada awalnya, tanah tersebut hanya digunakan untuk membuat mainan untuk anak-anak dan atau perabot dapur saja.

Akan tetapi karena ketekunan dan tradisi nenek moyang yang sudah turun temurun di desa tersebut, desa Kasongan kemudian bertransformasi menjadi tempat wisata populer.

Sebagai informasi, sekitar tahun 1971 hingga tahun 1972, desa Kasongan telah mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Adalah pria bernama Sapto Hudoyo, seorang seniman besar asal Yogyakarta yang berjasa pada perkembangan desa tersebut, dimana beliau berhasil membina sebagian besar masyarakatnya yang sebagian besar berprofesi sebagai pengrajin.

Berkat bimbingan beliau, kerajinan gerabah yang dihasilkan di desa tersebut menjadi lebih baik, berkesan, tidak monoton, serta tentunya memiliki nilai seni dan harga jualĀ tinggi.

Pada umumnya, kerajinan yang dihasilkan oleh desa tersebut berupa guci dengan berbagai motif yang cukup menarik. Seperti motif naga, merak, dan berbagai motif menarik lainnya.

Selain itu, ada juga pot yang tersedia dalam berbagai ukuran, hiasan dinding, pigura, perabotan, dan souvenir yang menarik.

Seiring dengan perkembangannya, produk yang dihasilkan kemudian berkembang menjadi banyak variasi lainnya.

Dan yang tak kalah membanggakan, berbagai hasil dari kerajinan tersebut telah berhasil menembusĀ pasar internasional, karena telah sampai ke benuah eropa dan amerika.

Mari Berkunjung Ke Desa Wisata Kasongan

Sudah bukan rahasia lagi jika salah satu daya tarik utama banyaknya wisatawan yang berkunjung ke desa Kasongan, dikarenakan berbagai kerajinan yang dihasilkan oleh penduduk desa tersebut.

Itulah penyebab mengapa desa ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Yogyakarta dan singgah ke desa ini, tentunya Anda akan membutuhkan transportasi untuk mempermudah langkah.

Kabar baiknya, kami telah menyediakan layanan rental mobil Jogja bagi Anda yang berminat.

Sebagai informasi, layanan rental mobil yang kami sediakan akan memberikan kepuasan dan kenyamanan tersendiri bagi Anda.

Pasalnya, layanan kami ini telah ada sejak tahun 2010 yang lalu. Atau kurang lebih sudah 10 tahun lamanya sampai tulisan ini dibuat.

Well, tentunya Anda bisa menyimpulkan sendiri akan pengalaman yang kami tawarkan. Yuk berlibur ke desa wisata Kasongan.

Sumber Gambar: MyMagz.net