Jogjakarta merupakan destinasi wisata yang selalu memanjakan pengunjungnya. Banyak obyek-obyek wisata terkenal dan kekinian yang berada di Jogjakarta yang selalu ramai dengan pengunjung. Tidak tanggung-tanggung pengunjungnya-pun berasal dari berbagai daerah hingga mancanegara. Selain banyaknya obyek wisata yang bisa dikunjungi, banyak juga alternatif wisata yang bisa dinikmati. Salah satunya adalah even-even yang diadakan di Jogjakarta baik sekali dalam setahun maupun diadakan pada hari-hari biasa. Even-even ini semula diadakan untuk penduduk Jogja dan sekitarnya namun karena potensinya, akhirnya banyak wisatawan yang hadir dalam even-even ini.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Jogjakarta, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba mengikuti even-even yang diadakan di Jogjakarta. Selain bagian dari agenda wisata, even-even ini terkadang juga memberikan sensasi yang berbeda selain hanya wisata mengelilingi obyek-obyek wisata Jogjakarta dikarenakan memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Berikut beberapa even-even Jogjakarta yang bisa menjadi alternatif pilihan bagi wisatawan untuk mencobanya :

1. Pentas Wayang Kulit

Pentas wayang kulit adalah salah satu even seni budaya asli Jogjakarta yang masih dilestarikan hingga saat ini dan pernah mendapatkan penghargaan dari UNESCO. Pentas wayang kulit adalah pementasan cerita yang dipersembahkan oleh dalang dengan menggunakan wayang (sejenis boneka yang bentuknya unik) sebagai alat peraganya. Pentas wayang ini pernah dijadikan oleh wali songo untuk menampilkan cerita-cerita yang bertujuan untuk mendakwahkan Islam di tanah Jawa pada waktu itu. Saat ini pentas wayang kulit ini masih bertahan dan diadakan di Keraton Jogjakarta setiap Sabtu mulai pukul 10.30 sampai pukul 12.00 wib. Untuk mengunjunginya Anda bisa menuju ke lokasi di Jl. Rotowijayan 1 Jogjakarta.

2. Pentas Karawitan

Masih dari keraton Jogjakarta, terdapat agenda harian yang diadakan di sana. Agenda ini adalah pertunjukan karawitan. Karawitan berasal dari kata Rawit yang bermakna lembut. Jadi karawitan merupakan pentas seni asli Jogjakarta yang menampilkan musik serta nyanyian yang lembut. Bagi Anda yang penasaran ingin mengunjunginya silahkan menyambangi keraton Jogjakarta menggunakan jasa sewa mobil Jogjakarta di Jl. Rotowijayan 1 Jogjakarta pada setiap hari senin dan selasa mulai pukul 10.00 sampai pukul 12.00 wib.

3. Jazz Mben Senen

Jazz Mben Senen, sumber ig giovgor

Jazz Mben Senen, sumber ig @giovgor

Even selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah even musik Jazz Mben Senen. Bagi Anda penggemar musik tidak ada salahnya untuk mencoba mengahadiri even yang satu ini. Even ini merupakan pentas seni yang membawakan musik bergenre Jazz setiap senin malam mulai pukul 20.00. Dengan diadakannya even musik jazz setiap senin malam ini kemudian even ini dinamakan “Jazz Mben Senen”. Untuk mengunjunginya Anda bisa mendatangi Bentara Budaya Yogyakarta di Jl. Suroto 2 Kotabaru, Yogyakarta.

4. Pertunjukan Tari Ramayana

Untuk even yang satu ini merupakan even besar yang hanya diadakan pada waktu tertentu. Yaitu pertunjukan tarian yang menggambarkan kisah Ramayana sebagai temanya. Kali ini diadakan selama bulan Oktober 2018 mulai pukul 19.30 hingga pukul 21.30 wib. Jika Anda tertarik dan penasaran, silahkan mengunjungi kawasan wisata Candi Prambanan di Jl. Raya Yogya-Solo km 16 Prambanan, Yogyakarta.

Demikian ulasan mengenai even-even yang bisa dikunjungi selama berkesempatan untuk berkunjung ke Jogjakarta. Semoga informasi ini dapat menambah referensi wisata Anda di Jogjakarta. Jangan lupa untuk menyimak ulasan lainnya mengenai wisata jogjakarta di halaman kami. Selamat berwisata!