Merawat mesin mobil merupakan hal yang paling penting untuk menjaga agar mobil kita tetap awet. Ini sebagaimana pentingnya mobil dalam menemani perjalanan wisata atau untuk melakukan aktivitas sehari-hari kita. Disamping itu, mobil memang merupakan salah satu alternatif kendaraan yang baik yang bisa melindungi perjalanan kita meskipun kondisi lingkungan dan cuaca yang tidak bersahabat.

Mesin mobil jelas merupakan hal yang utama. Namun tidak perlu khawatir, perawatan yang perlu kita lakukan rutin merupakan perawatan kecil mesin mobil yang bahkan bisa dilakukan sendiri ketika berada dirumah. Nah, apa saja hal-hal yang perlu menjadi perhatian untuk perawatan demi menjaga performa mesin mobil? Simak ulasan berikut ini.

1. Mengganti oli mobil

Oli merupakan pelumas pada mesin mobil. Kerja mesin yang menghasilkan power atau tenaga bagi kendaraan merupakan kerja dengan kecepatan tinggi dan suhu yang tinggi pula. Dengan oli, maka mesin yang bekerja dapat lebih terjaga baik kondisi dan suhunya. Nah, kapan saatnya ganti oli mobil? Normalnya oli mesin mobil diganti setiap menempuh perjalanan 3.000-5.000 km. Maka, jika sudah menempuh jarak tersebut, gantilah oli mobil Anda.

2. Mengisi Air Radiator

Bagian lainnya pada mobil yang menjaga suhu mesin mobil adalah radiator. Penting bagi Anda dan para pemilik mobil lainnya untuk memperhatikan kondisi radiator dengan mengecek air radiator setiap setelah menempuh jarak 1.000 km. Namun waspada, jangan membuka tutup radiator saat mesin masih panas karena baru beroperasi. Setelah menempuh jarak 1.000 km disarankan untuk menguras dan mengisi radiator dengan cairan yang baru.

3. Menjaga Tangki Bahan Bakar

Bagian lainnya pada mesin mobil yang berpengaruh adalah tangki bahan bakar. Tentu sudah menjadi pemahaman bahwa mesin hanya dapat bekerja dengan bahan bakar yang terisi. Maka pastikan Anda merawat tangki bahan bakar untuk tetap terisi. Jika tidak demikian dimungkinkan bagian tangki yang tida terkena cairan bahan bakar akan menyisakan kotoran-kotoran. Tentu ini akan mengakibatkan permasalahan nantinya ketika mesin sedang beroperasi.

Ilustrasi Tangki Oli Pada Mobil, sumber ig russotires_northmiami

Ilustrasi Tangki Oli Pada Mobil, sumber ig @russotires_northmiami

4. Membersihkan Mesin

Pembersihan mesin yang dimaksudkan di sini bukan merupakan bagian dari perawatan berat yaitu turun mesin. Pembersihan mesin yang dimaksudkan adalah bahwa dimungkinkan pada rongga-rongga mesin terdapat material kecil yang tentu saja lama-kelamaan akan mengganggu kinerja mesin. Maka cara membersihkanny adalah dengan sesekali menghidupkan mobil dengan throttle penuh beberapa saat. Dengan begitu material kecil tadi akan terbawa keluar bersama dengan exhaust mesin.

5. Memeriksa Timing Belt

Bagian lain yang mendukung kerja mesin yang penting untuk dijaga adalah timing belt. Timing belt merupakan belt pengkonversi putaran mesin yang dikaitkan dengan roda sehingga mobil berjalan. Jika terdapat suara yang mencolok pada mesin ketika dihidupkan, maka Anda perlu mengecek mesin salah satunya adalah timing belt. Jika terjadi kerusakan pada timing belt, Anda harus segera menggantinya.

Demikian beberapa informasi mengenai perawatan mobil yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk merawat mobil kesayangan Anda. Simak ulasan lainnya mengenai obyek wisata Jogjakarta di halaman kami.