Daerah Istimewa Yogyakarta memang merupakan destinasi wisata yang unik. Bukan hanya sekedar obyek wisata hiburan, namun juga banyak obyek-obyek wisata yang bersejarah yang memberikan informasi unik kepada para wisatawan yang berkunjung ke sana. Salah satu yang terkenal adalah obyek wisata gunung api purba. Terdapat sekitar tiga obyek wisata gunung api purba yang terkenal di Yogyakarta yaitu Lava Bantal, Gunung Semilir dan Gunung Api Purba Nglanggeran. Pada kesempatan ini, akan diulas mengenai obyek wisata Lava Bantal.

Sejarah Obyek Wisata Lava Bantal

Mengenai Lava Bantal, lava ini adalah lava yang berasal dari erupsi gunung api bawah laut sekitar 30 juta tahun silam yang kemudian bereaksi sehingga mengeras dan berbentuk seperti bantal. Lava Bantal merupakan yang tertua dibandingkan gunung api purba Semilir dan Ngalanggeran. Dipercaya bahwa Lava Bantal merupakan salah satu obyek peninggalan sejarah yang masih perlu dikaji untuk mencari asal usul terbentuknya pulau Jawa. Dengan bentuknya yang unik, saat ini Lava Bantal merupakan obyek wisata dengan pengunjung yang mulai ramai sehingga obyek ini dikelola langsung oleh Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Obyek Wisata Lava Bantal, sumber ig indaaholshopjogja

Obyek Wisata Lava Bantal, sumber ig @indaaholshopjogja

Lokasi Obyek Wisata Lava Bantal

Obyek wisata Lava Bantal berlokasi di dusun watuadeg, desa jogotirto, kecamatan Berbah, Sleman yang terletak di daerah timur Yogyakarta di sekitaran Bandara Adisutjipto. Untuk menuju lokasi ini jika berangkat dari Kota Yogyakarta cukup melewati jalan jogja-solo menuju Candi Abang. Kemudian mengarah ke barat dan mengikuti jalan beraspal ke utara hingga menemukan jembatan. Tempat wisata Lava Bantal terdapat di bawah jembatan tersebut. Jika berangkat dari Solo bisa melalui jalan berbah-kalasan.

Fasilitas dan Retribusi Obyek Wisata Lava Bantal

Obyek wisata Lava Bantal dikunjungi setidaknya oleh 20 mobil dan 100 motor setiap akhir pekan. Bagaimana tidak, obyek wisata ini menyajikan pemandangan yang menarik serta terdapat fasilitas-fasilitas untuk menikmati kunjungan wisata ke obyek wisata ini. Fasilitas-fasilitasnya antara lain kafetaria, lapangan parkir yang luas, gazebo serta mushola dan juga wahana tubing. Jika berkunjung ke obyek wisata ini, cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil tanpa biaya retribusi masuk. Untuk menikmati wahana permainan tubing akan dikenakan biaya Rp. 55.000 untuk arena sepanjang 2 km.

Klik sewa mobil Jogja!

Karena pengunjung yang masih relatif tidak ramai, maka tempat ini baik untuk dikunjungi kapan pun. Untuk kafetaria sendiri baru menjajakan makanan-makanan kecil sehingga disarankan untuk membawa makan sendiri terkecuali pada kondisi yang tidak memungkinkan.

Demikian ulasan mengenai obyek wisata Lava Bantal Yogyakarta. Selain hiburan dan pemandangan yang menarik, obyek wisata ini masih menjadi obyek penelitian geologi sehingga merupakan lokasi wisata bersejarah yang memberikan informasi-informasi yang mendidik mengenai asal usul terbentuknya pulau Jawa. Untuk informasi lainnya mengenai wisata kuliner Yogyakarta, kunjungi halaman ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berwisata!