Selain terkenal sebagai kota pelajarnya, Jogja juga terkenal sebagai kota dengan banyak tempat wisata. Banyak obyek-obyek wisata yang terkenal di Indonesia berada di Jogja. Maka dari itu banyak wisatawan yang sering berkunjung ke Jogja untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Bukan hanya wisatawan asing bahkan wisatawan dalam negeri juga ikut mengunjungi Jogja. Dalam urusan berliburan, pasti yang terpikirkan pertama kali adalah biayanya. Namun jangan khawatir, Jogja memberikan alternatif liburan mulai dari yang menghabiskan biaya dengan jumlah yang fantastis maupun alternatif liburan dengan biaya hemat. Jika anda ingin berlibur ke Jogja dengan biaya yang hemat, anda dapat melakukan tips backpacker ke Jogja. Berikut ini tips-tips yang dapat anda lakukan :

1. Persiapkan Segala Sesuatu Dengan Matang

Tips pertama yang anda harus lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang. Saran yang pertama ini tentu tidak hanya berlaku saat anda akan ke Jogja, tentu berlaku pula jika ingin berwisata di Lombok, Bali, Labuan Bajo atau tempat lainnya. Carilah informasi yang terkait dengan kebutuhan apa saja yang perlu dibawa jika berwisata ke Jogja. Kemudian, yang paling penting perlu anda persiapkan adalah keperluan khusus seperti keperluan pribadi. Jangan sampai ada keperluan pribadi anda yang tertinggal. Selain itu persiapkan pula pendanaan yang cukup untuk anda dengan mengkalkulasi biaya yang diperlukan pada list informasi kebutuhan anda selama perjalanan ke jogja agar nantinya anda tidak akan mengalami kekeringan pendanaan.

2. Beli Tiket Jauh-Jauh Hari

Tips kedua yaitu belilah tiket kereta atau jauh-jauh hari. Sebab biasanya ketika anda membeli tiket kereta jauh-jauh hari masih ada banyak promo yang bisa anda manfaatkan. Dengan begitu dana untuk transportasi anda ke Jogja telah diminimalisir. Stasiun pemberhentian yang menjadi rekomendasi adalah stasiun tugu. Selain dekat dengan beberapa wisata, disana juga banyak tempat penginapan yang sesuai dengan wisata backpacker-an.

Tugu Yogyakarta (arah.com)

Tugu Yogyakarta (arah.com)

3. Cari Penginapan Murah Meriah

Ketika anda telah sampai di Jogja, anda bisa langsung mencari tempat penginapan yang murah. Dan tempat yang banyak penginapan yang murah itu bisa anda dapatkan di sekitar Malioboro. Harga yang ditawarkan juga sangat bervariasi. Maka dari itu, rekomendasi stasiun pemberhentian untuk anda yaitu stasiun tugu. Sebab sangat dekat dengan Malioboro. Syaratnya asal anda lebih bisa memilih tempat penginapan dengan biaya hemat.

4. Gunakan Angkutan Umum Untuk Jalan-Jalan

Tips backpacker ke Jogja selanjutnya yaitu untuk meminimalis pengeluaran dana, jika anda ingin jalan-jalan ke tempat wisata yang berjarak jauh dari tempat penginapan gunakanlah angkutan umum. Anda bisa menggunakan angkutan umum berupa angkot ataupun delman. Selain itu sekarang ada pilihan angkutan umum baru yang bisa anda gunakan yang bisa mengantar anda ke tempat-tempat wisata, yaitu bus transjogja. Dengan menggunakan angkutan umum ini, biaya jalan-jalan telah diminimalisir. Jangan ragu untuk berjalan kaki jika obyek-obyek wisata yang dikunjungi masih berada di sekitaran tempat penginapan seperti Malioboro, Alun-Alun Keraton, Museum Vredeburg, Beringharjo dan semisalnya.

5. Jangan Memilih Kendaraan Ke Tempat Yang Tidak Ingin Dikunjungi

Anda harus pandai dalam memilih transportasi yang akan anda gunakan. Jangan sekali-kali anda memilih kendaraan yang akan membawa anda ke tempat yang tidak ingin anda kunjungi. Salah satu kendaraan yang perlu sedikit anda hindari yaitu becak dan bentor. Sebab para becak dan bentor di Jogja banyak yang melakukan kerjasama. Kerjasama disini yaitu mereka akan membawakan pengunjung ke tempat-tempat kersamanya seperti penjual makanan, dan lain-lain.

Itulah beberapa tips backpacker ke Jogja  yang dapat anda lakukan. Dengan melakukan tips-tips tersebut, anda akan meminimalisir pendanaan liburan anda. Bagi anda yang ingin ke Jogja, jangan pernah khawatir. Jogja memang surganya wisatawan yang ingin berlibur hemat. Untuk informasi lainnya mengenai wisata Upside Down World Jogja silahkan klik di sini. Semoga informasi ini dapat membantu dalam membuat perencanaan liburan dan wisata anda di Jogja. Selamat berwisata!