Salah satu pantai yang paling terkenal dan paling ramai dikunjungi di Jogjakarta adalah pantai Parangtritis. Di pantai ini Anda bisa menikmati permainan air serta permainan di gumuk pasirnya yaitu sandboarding. Di pantai ini juga sering diadakan even seperti Jogja Air Show yang menampilkan atraksi udara seperti paralayang dan sejenisnya. Tidak heran pantai ini adalah pantai yang paling sering disebut ketika membicarakan wisata pantai di Jogjakarta.

Namun, tahukah Anda bahwa ada cara baru untuk menikmati pemandangan garis pantai Parangtritis yang terkenal ini. Jika Anda menelusuri jalan menuju pantai Parangtritis ke arah timur Anda akan menemukan Parang Endog. Parang Endog adalah bukit yang juga merupakan pantai namun lokasinya sudah mengarah ke arah selatan yaitu Gunung Kidul. Apa saja yang bisa dinikmati di Bukit Parang Endog? Simak ulasan berikut ini.

Lokasi Bukit dan Pantai Parang Endog

Parang Endog yang berasal dari kata parang yang berarti batu karang dan endog yang berarti telur berlokasi di sebelah timur pantai Parangtritis. Dinamakan demikian oleh karena memang banyak ditemukan batuan karang yang bentuknya hampir menyerupai telur. Untuk menuju ke lokasi bukit dan pantai Parang Endog dari Yogyakarta yaitu menuju jalur Ring Road selatan, menuju ke arah pantai Parangtritis, sebelum sampai ke pantai Parangtritis belok kiri menuju panggang sampai bertemu penanda ke arah Parang Endong. Jika masih membutuhkan informasi tambahan jangan ragu-ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat. Jika membutuhkan sewa mobil wisata silahkan hubungi Jogjarentalmobil.net.

Menikmati Parang Endog

Pantai Parang Endog, sumber ig voilajogja

Pantai Parang Endog, sumber ig @voilajogja

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di lokasi bukit dan pantai Parang Endog. Selain menikmati pemandangan dari ketinggian ke arah pantai Parangtritis dan bermain air dan pasir di pantai Parang Endog, yang menjadi favorit wisatawan adalah menikmati senja dengan pemandangan sunset dari ketinggian di bukit Parang Endog. Terutama bagi para pemburu tempat-tempat yang instagrammable dan spot-spot selfie maka momen sunset di Parang Endog merupakan hal yang tidak bisa dilewatkan. Dengan lokasi pantai yang berada di pesisir pantai selatan, ombak pantai Parang Endog cukup besar dan menantang sehingga disarankan untuk menghindarinya. Bagi Anda penggemar olahraga udara paralayang, bukit Parang Endog merupakan salah satu spot penggemar olahraga ini. Di sini juga biasa diadakan even olahraga paralayang setiap tahunnya.

Jika di pantai Parangtritis terdapat banyak warung-warung makan, di pantai Parang Endog tidak terdapat tempat-tempat seperti ini. Hanya terdapat beberapa kursi yang beratap rumbia. Untuk memakai tempat duduk ini Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000-Rp. 20.000.

Menikmati bukit dan pantai Parang Endok merupakan sebagian dari banyak obyek-obyek wisata bukit dan pantai lainnya yang terdapat di Jogjakarta. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Simak juga artikel lainnya dari kami mengenai warung-warung kopi di Jogjakarta. Selamat berwisata!