Yogyakarta memiliki banyak obyek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara setiap harinya. Selain tempat-tempat wisata yang dikunjungi untuk dinikmati pemandangannya, ada banyak wisata-wisata jenis lain yang bisa dinikmati di Daerah Istimewa Jogjakarta. Salah satunya wisata kuliner.

Jika berbicara urusan wisata kuliner, kuliner yang paling dinikmati dan menjadi selera semua orang dan kalangan adalah bakso. Ya, hampir di setiap kota di seluruh Indonesia terdapat kuliner bakso dengan ke khasannya masing-masing.  Bahkan bisa jadi di tempat wisata poluler seperti Lombok dan Labuan Bajo ada penjual bakso juga lho. Di Daerah Istimewa Jogjakarta sendiri terdapat banyak warung bakso. Bahkan bisa dikatakan, hampir di setiap sudut Jogjakarta bisa ditemukan warung bakso.

Klik sewa mobil Jogja!

Dengan banyaknya pilihan warung bakso yang ada di Jogja, tidak jarang hal ini menjadi pertimbangan yang memakan waktu untuk dipikirkan warung mana yang menjadi favorit. Bahkan tidak mungkin jika harus mencobanya satu persatu. Namun jangan khawatir, dengan pengalaman dan testimoni para wisatawan yang berpengalaman berkunjung ke Jogja serta penduduk setempat berikut akan dirangkum mengenai warung-warung bakso yang layak untuk dicoba jika berkesempatan mengunjungi dan berwisata di Daerah Istimewa Jogjakarta.

Bakso Klenger Ratusari, sumber ig fardiansyahtaufik

Bakso Klenger Ratusari, sumber ig @fardiansyahtaufik

1. Bakso Klenger Ratusari

Warung Bakso Klenger Ratusari berada di Jl. Wahid Hasyim no. 296 Nologaten, Sleman, Jogjakarta. Warung bakso ini terkenal dengan sajian baksonya yang berukuran besar. Untuk harga sendiri bervariasi mulai dari Rp. 15.000 untuk yang biasa hingga Rp. 600.000 untuk ukuran bakso seberat 5 Kg. Warung Bakso Klenger buka mulai pukul 10.00 wib hingga pukul 21.00 wib.

Bakso Kuning Gading, sumber ig cassie_elmo

Bakso Kuning Gading, sumber ig @cassie_elmo

2. Bakso Kuning Gading

Warung Bakso Kuning Gading ini dirintis oleh Pak Abidin sejak tahun 1981 awalnya beralamatkan di Jl. Abu Bakar Ali No.2. Dengan perbaikan lapangan parkir Abu Bakar Ali akhirnya warung ini pindah ke Jl. Magelang Km. 7,8 Mlati, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Sajian seporsi Bakso ini yang berisi bakso ukuran biasa mie kuning, irisan tahu, bakso goreng, serta suiran daging ayam ataupun potongan babat sapi dibanderol dengan harga Rp. 18.000. Warung Bakso Kuning Gading buku mulai dari pukul 09.00 wib hingga pukul 20.00 wib. Terkadang dengan banyaknya pengunjung warung ini bisa tutup lebih awal yaitu pukul 16.00 wib.

Bakso Tengkleng Mas Bambang, sumber ig bakso.tengkleng.tangerang

Bakso Tengkleng Mas Bambang, sumber ig @bakso.tengkleng.tangerang

3. Bakso Tengkleng Mas Bambang

Warung Bakso Tengkleng Mas Bambang berlokasi di Jl. Monjali No.80, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Jogjakarta. Warung bakso ini menyajikan bakso dengan tengkleng sapi empuk didalamnya. Untuk harga, seporsi bakso dibanderol berkisar Rp. 20.000. Terdapat juga menu minuman Es Teler yang menjadi favorit pengunjung saat menyantap sajian berat bakso dengan tengkleng sapi ini. Selain di Sleman, telah dibuka cabang di berbagai tempat sehingga memudahkan pengunjung untuk mencarinya dari lokasi terdekat saat dengan mengunjungi salah satu obyek wisata di Jogjakarta. Warung Bakso Tengkleng Mas Bambang mulai buka sejak pukul 09.00 wib hingga pukul 21.00 wib.

Demikian beberapa informasi mengenai wisata kuliner bakso yang patut untuk dicoba selama berkunjung di JogJakarta. Untuk tips liburan, silahkan simak artikel berikut ini. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat berwisata kuliner!