Daerah Istimewa Jogjakarta terletak di selatan pulau Jawa berbatasan dengan Samudera Hindia. Bagi wisatawan penggemar ombak besar, Jogjakarta bagian selatan tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul menawarkan banyak spot-spot wisata yang menarik untuk dinikmati. Terdapat banyak Pantai yang terkenal seperti Indrayanti, Siung, Timang, Jogan, Wediombo, Watu Kodok, Sadeng dan lain-lain. Semua Pantai yang terletak berbatasan dengan samudera Hindia ini kira-kira berjumlah 34 Pantai dan sampai saat ini masih berpeluang ditemukannya spot-spot wisata Pantai baru. Sebab berbatasan dengan Samudera Hindia secara langsung sehingga memiliki ombak yang besarnya terkadang melebihi batas aman keselamatan wisata Pantai, sebagian Pantai dilarang untuk dinikmati dengan cara berenang apalagi menyelam atau snorkeling. Namun tidak perlu khawatir, masih ada satu Pantai yang bisa dinikmati kesejukan airnya dan bahkan pemandangan bawah lautnya.

Ya, Pantai Nglambor merupakan spot wisata Pantai yang terkenal sebagai spot berenang dan snorkeling. Pantai ini merupakan pengecualian dibandingkan dengan Pantai-Pantai Gunung Kidul lainnya yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Pantai ini terletak diantara Pantai Siung dan Pantai Jogan dengan pembatas bukit karang yang menghalau besarnya ombak Pantai selatan sehingga menjadikan ombaknya cukup tenang. Ombak yang tenang menjadikan terumbu karang serta biota laut dapat hidup dan tumbuh subur. Inilah yang kemudian dinikmati oleh para wisatawan yang berkunjung ke sini.

Snorkeling di Pantai Nglambor, sumber ig najieb_addakhil567

Snorkeling di Pantai Nglambor, sumber ig @najieb_addakhil567

Berwisata di Pantai Nglambor

Awalnya, Pantai ini merupakan daerah tidak terjamah yang tidak dikunjungi oleh wisatawan manapun. Meski wisata Pantai lainnya di daerah Kabupaten Gunung Kidul terus berkembang dan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan, Pantai ini tetaplah sepi. Aktivitas satu-satunya di Pantai ini hanyalah Mbah Tukiyem dan Mbah Kartomo yang menggiring ternaknya agar terjaga dan tidak diganggu oleh monyet ekor panjang yang keluar dari tempat persembunyiannya.

Klik rental mobil wisata jogja!

Barulah ketika kelompok Nglambor Bintang Snorkeling mulai mempromosikan Pantai ini, Nglambor mulai dikenal dan dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berenang dan menikmati keindahan pemandangan biota laut. Kini, Pantai Nglambor menjadi salah satu spot favorit para wisatawan yang ingin menikmati Pantai selatan Jogjakarta.

Lokasi Menuju Pantai Nglambor

Jika berangkat melalui Jogjakarta, mengarah ke selatan untuk menuju ke Wonosari, Ibukota Kabupaten Gunung Kidul. Setelah itu menuju ke Porwodadi searah ke Pantai Siung. Sampai di Pantai Siung, perjalanan masih relatif mudah menggunakan kendaran. Baru kemudian ketika mulai memasuki Nglambor harus berjalan kaki atau menumpang ojek dikarenakan akses yang terbatas.

Pemandangan Bawah Laut Pantai Nglambor, sumber ig opick_squad

Pemandangan Bawah Laut Pantai Nglambor, sumber ig @opick_squad

Aktivitas di Pantai Nglambor

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati spot wisata Pantai Nglambor. Snorkeling merupakan pilihan utama. Dengan snorkeling bisa dinikmati keindahan terumbu karang serta pemandangan biota laut yang menakjubkan. Selain itu, aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah foto underwater, trekking dan susur pantai. Pantai ini memang spot foto underwater satu-satunya di Pantai selatan Gunung Kidul sehingga memang sering menjadi daya tarik generasi milenial yang akrab dengan media sosial dijadikan background foto.

Dengan keindahan Pantai selatan Jogjakarta, menjadikan Jogjakarta sebagai destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik lokal hingga mancanegara. Wisata Pantai merupakan salah satu dari jenis-jenis wisata lain yang bisa dinikmati di Jogjakarta. Jangan ragu untuk mengunjungi Jogjakarta dan menikmati spot-spot wisata unik di sini. Sekian ulasan mengenai Pantai Nglambor dan selamat berwisata!