Jogjakarta merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Samudera terbesar yang terletak di sebelah selatan Indonesia. Dengan lokasinya yang berbatasan langsung dengan samudera inilah mengapa banyak obyek-obyek wisata pantai yang luar biasa eksotis bisa dijumpai di sebelah selatan Jogjakarta tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Terdapat hampir 34 lebih pantai yang berjejer di berbagai desa-desa bagian selatan Kabupaten Gunung Kidul ini. Mulai dari yang terkenal seperti pantai indrayanti, pantai siung, pantai timang, pantai nglambor dan banyak lagi pantai-pantai lainnya yang bahkan baru ditemukan dan dijadikan sebagai obyek wisata yang baru.

Salah satu pantai yang terbilang tidak begitu terkenal karena baru ditemukan adalah pantai sedahan. Hal ini terlihat dari akses menuju pantai yang memang masih sulit untuk dilewati bahkan jika menggunakan kendaraan. Namun jika melihat keindahan dan eksotisme yang ditawarkan, siapa sangka, pantai ini menjadi favorit para pengunjung. Berikut akan diulas selengkapnya mengenai obyek wisata yang satu ini.

Lokasi dan Rute Pantai Sedahan

Pantai sedahan adalah pantai yang tersembunyi karena lokasinya yang memang tidak begitu saja terlihat. Pantai ini berlokasi di desa jepitu tepatnya di sebelah timur pantai wedi ombo. Untuk memudahkan menemukan lokasinya, carilah terlebih dahulu lokasi pantai wedi ombo yang memang lebih popular dibandingkan dengan pantai sedahan. Untuk rutenya, terdapat beberapa pilihan dan cara menuju lokasi.

Pantai Sedahan, sumber ig wonderfuljogja

Pantai Sedahan, sumber ig @wonderfuljogja

Rute utama yang sering dilewati adalah Jogjakarta-Piyungan. Jika menempuh rute ini, Anda akan berjalan ke arah Kota Wonosari yaitu kota Kabupaten Gunung Kidul. Kemudian melintasi Jalan Baron mengarah ke pantai wedi ombo. Dari rute ini, jalan masuk pantai sedahan adalah sebelum pantai wedi ombo. Sedangkan rute lainnya yaitu Jogjakarta-Bantul. Di jalur ini Anda akan menempuh perjalanan melewati pantai-pantai terkenal di Kabupaten Bantul seperti Parangtritis, Barong dan Kukup hingga menemukan jalur menuju pantai wedi ombo dimana jalur masuknya juga sebelum pantai wedi ombo. Sedangkan pilihan yang terakhir dari arah timur yaitu Kota Solo menuju jalan Wonosari-Praci hingga menemukan pertigaan jepitu dan sampai di pantai sedahan. Selain pilihan rute di atas, Anda juga bisa memakai jasa rental mobil untuk memudahkan kunjungan wisata Anda.

Keindahan Pantai Sedahan

Sebagaimana yang telah diulas sebelumnya, pantai ini lokasinya tersembunyi. Namun bisa dibayangkan suasana natural dan eksotis didalamnya. Meski harus menempuh lika-liku perjalanan yang menantang namun semuanya akan terbayar setelah sampai di lokasi pantai sedahan dan menikmati suasananya. Pantai ini seperti diapit oleh perbukitan sehingga bibir pantainya cukup bisa dinikmati seluruhnya karena jaraknya yang tidak begitu jauh antara satu bukit ke batasan bukit setelahnya. Pasirnya berwarna putih dan pemandangannya sangat khas dengan ombak-ombak yang hampir sebesar samudera.

Meski memiliki keindahan yang luar biasa, namun masih perlu waspada. Karena pantai-pantai di sebelah selatan Jogjakarta ini terkenal dengan ombak-ombakna yang besar dan acapkali memakan korban. Nikmatilah bagian-bagian yang aman untuk dinikmati. Demikian ulasan singkat mengenai pantai sedahan. Simak ulasan lainnya mengenai tips-tips wisata di halaman kami. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata Anda selanjutnya. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata!